Tak Berkategori

Fakta Iklan Rokok Tidak Ada Yang Merokok

Kalian tau gak sih Kenapa iklan rokok tidak pernah menunjukan adegan orang yang sedang merokok? Iklan rokok selalu tayang pada malam hari? Iklan Rokok Selalu Bertema LifeStyle & Metafora? kenapa ya? Yuuk simak fakta-fakta iklan rokok di Indonesia

1. Iklan Rokok Selalu Tayang Malam Hari

Mungkin di antara kita bertanya-tanya kenapa iklan rokok selalu tayang malam hari. Satu alasan yang pasti karena saat malam hari adalah saat untuk anak-anak kecil tidur, jadi kemungkinannya anak-anak kecil tidak melihat iklan tersebut. Dan target market yang sering melihat iklan rokok adalah pria dewasa yang begadang menonton TV . Alasan tersebut ternyata karena terkait etika periklanan yang mengatur tentang rokok dan produk tembakau. Pada Bab III Etika Pariwara Indonesia disebutkan bahwa iklan rokok tidak boleh dimuat pada media periklanan yang sasaran utama khalayaknya berusia di bawah 17 tahun.

2. Tidak Ada Adegan Orang Merokok

Kenapa iklan rokok tidak pernah menunjukan adegan orang yang sedang merokok ? Alasanya karena adegan dan penggunaan rokok dilarang di media termasuk televisi. Jadi adegan merokok tentu tidak pernah di tayangkan dalam iklan rokok. Jadi iklan rokok menampilkan logo rokok pada iklan agar penonton mengetahui itu iklan rokok

3. Tidak Boleh Mengandung (Ajakan Untuk Merokok)

Mengapa iklan rokok tidak boleh mengandung “ajakan untuk merokok”? karena pada dasarnya pemerintah indonesia tidak menginginkan warga negaranya merokok. Jadi di iklan akan selalu diingatkan tentang bahaya merokok. Tetapi yang jadi pertimbangan, jika rokok ditarik dan tidak boleh diedarkan negara akan merasa rugi, karena penghasilan dari rokok itu sangat besar.

4. Selalu Ada Slogan Bahaya Merokok

“MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”

Siapa yang tidak pernah melihat dan mendengar tentang slogan itu, bahkan mungkin setiap hari akan menemui slogan itu entah itu di televisi, maupun spanduk di jalan-jalan. Pada setiap iklan rokok selalu menambahkan slogan mengenai bahaya merokok itu sendiri. Yang jadi pertanyaan, buat apa di iklankan kalo itu bahaya? Benerkan?

5. Iklan Rokok Selalu Bertema LifeStyle

Tentu jika kalian melihat iklan rokok akan ada kata di benak “wah iklannya keren banget”. Nah karena kebanyakan iklan rokok sekarang bertema lifestyle. Biasanya adeganya memperlihatkan tantangan naik gunung bersalju, terjun ke laut, atau sukses dalam menempuh tantangan dan rintangan berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.